Tragedi Genosida Yang Terjadi Terhadap Muslim Di Dunia

0

Oleh: Syifa Fauzia

Baru-baru ini umat muslim mendapatkan kabar sedih dari saudaranya di China. Pembantaian umat islam Uighur di China, merupakan salah satu dari sekian banyaknya peristiwa yang menunjukkan sikap intoleransi terhadap umat islam dengan berbagai cara yang tidak berperikemanusiaan. Menurut laporan Kongres AS, diperkirakan satu juta warga Uighur, kelompok minoritas etnis Muslim yang dominan di China barat, ditahan di kamp-kamp di seluruh wilayah itu. Di dalam kamp yang diklaim oleh pemerintah sebagai “pusat pelatihan ulang” itu, umat muslim terpaksa menjalani program doktrinasi, seperti mempelajari propaganda komunisme dan memberi salam hormat kepada Presiden Xi Jinping.

Sejauh ini, terdapat beberapa kebijakan yang mengancam keberadaan umat muslim di Xinjiang, China. Salah satu postingan di Kaskus, menyebutkan bahwa Muslim Uighur merupakan korban pembersihan etnis terbesar di dunia. China telah melarang segala bentuk ekspresi Islam di Turkistan Timur, memaksa Muslim Uyghur untuk secara terbuka mencela iman mereka dan bersumpah setia kepada negara Komunis. Penyiksaan, pemenjaraan, pembunuhan dengan sanksi negara dan penghilangan paksa telah menjadi kenyataan di wilayah Xinjiang.

Pembantaian di Xinjiang bukanlah satu-satunya kejahatan genosida yang pernah terjadi terhadap kaum muslim. Sejarah telah menjadi saksi bahwa pembantaian yang sejenis telah terjadi dari waktu ke waktu di berbagai belahan bumi. Ketika umat muslim di Indonesia merasa takut, curiga, dan saling menuduh “saudaranya” dengan alasan ekstrim, radikal, dan intoleran, sepertinya kita juga perlu belajar sejarah lagi, tentang siapa yang sebenarnya tidak toleran. Setidaknya ada beberapa peristiwa pembantaian yang pernah melanda kaum muslimin sampai saat ini.

Tragedi Andalusia

Pembersihan etnis muslim di Andalusia ini salah satunya diakibatkan oleh kebijakan Raja Felipe III pada tahun 1609 untuk mengusir orang-orang Morisco. Orang-orang Morisco adalah suatu  etnis muslim yang banyak mendiami wilayah Granada lalu dipaksa memeluk agama Kristen, jika tidak, mereka akan dibunuh atau diusir dari Andalusia. Lebih dari 300.000 orang Morisco diusir dari Andalusia menuju Maroko, Tunisia, atau Aljazair. Diperkirakan sekitar 800.000 orang Morisco telah pergi dari tanah Andalusia sejak runtuhnya kerajaan Granada. Di antara mereka ada yang dijadikan Budak dan sebagiannya lagi dibunuh. Namun Felipe III tidak mengizinkan anak-anak di bawah usia 7 tahun mengalami peristiwa yang eksodus itu. Ia tidak ingin anak-anak yang masih bisa diubah pemikirannya ini tumbuh di negeri muslim dan menjadi seorang muslim di kemudian hari, sehingga anak-anak kecil tesebut dipisahkan dengan orang tua mereka. Anak-anak kecil itu tetap tinggal di Valencia sementara orang tua mereka diusir, sehingga menambah penderitaan orang-orang Morisco yang diusir tersebut.

Pembantaian Jammu, Genosida Muslim Kashmir

Peristiwa ini adalah salah satu genosida paling tidak dikenal dalam sejarah modern. Sekitar 500.000 lebih Muslim dibunuh militer.  Meskipun pembunuhan yang ditargetkan sudah mulai di Jammu sekitar pertengahan Juli 1947, operasi ini mendapat tambahan tenaga segera setelah Maharaja Hari Singh dan istrinya yang melarikan diri mencapai Jammu pada 26 Oktober 1947. Sebuah pembantaian terkoordinasi dilakukan untuk membunuh Muslim, di mana pun muslim ditemukan atau terlihat di Jammu. Tujuan utama penguasa Hindu Dogra adalah untuk mengubah komposisi demografi daerah tersebut dengan menghilangkan populasi Muslim. Begitu intensitasnya pembantaian di provinsi Jammu hingga sekitar 123 desa benar-benar dijadikan tidak berpenghuni. kabupaten Kathua kehilangan hampir lima puluh persen populasi Muslim mereka. Ribuan etnis Gujars dibantai di mohalla Ram Nagar. Desa Raipur, dalam area barak Jammu benar-benar terbakar. Terdapat beberapa upaya yang berani dari beberapa umat Hindu yang mencoba menyelamatkan umat Islam yang dikurung di Jammu saat itu, tetapi orang seperti mereka sangat sedikit.

Genosida dan Pendudukan Israel di Palestina

Peristiwa Nakba tahun 1948, pembantaian Deir Yassin , pembantaian Al Dawayima , adalah salah satu dari sekian banyak kasus selama ini.  Dinding pendudukan Apartheid Israel telah merubah Tepi Barat dan Gaza menjadi sama dengan kamp konsentrasi Israel. Tembok ini berdiri di tanah Palestina yang dicuri, dinding ini memiliki pintu, tetapi warga Palestina tidak bebas melalui dinding untuk keluar atau masuk. Pintu-pintu tersebut digunakan Israel sebagai titik akses, masuknya rentetan kendaraan lapis baja dan tentara militer secara ilegal, melakukan penculikan, penangkapan, teror, dan menyerang desa-desa Palestina pada siang dan malam.

Genosida Muslim Cham dan  Etnis Vietnam

Terjadi pada masa pemerintahan Khmer Merah, yang merupakan pergerakan radikal Maios yang memimpin pada 1975-1979. Sepanjang empat tahun pemerintahannya, mereka menyiksa dan membunuh kelompok yang dianggap sebagai musuh seperti kaum intelektual, mantan pejabat pemerintahan beserta keluarganya. Karena pemerintahan mereka, sekitar dua juta rakyat Kamboja tewas baik karena kelaparan, beban kerja yang terlalu berat, hingga eksekusi massal.

Genosida Muslim di Bosnia

Pada bulan April 1992, pemerintah Republik Yugoslavia, Bosnia-Herzegovina mendeklarasikan kemerdekaannya dari Yugoslavia. Kemudian selama beberapa tahun berikutnya, pasukan Serbia Bosnia, dengan dukungan pasukan Yugoslavia yang dikuasai Serbia, melakukan kejahatan yang mengerikan terhadap penduduk Bosniak (Muslim Bosnia) dan Kroasia. Hingga mengakibatkan kematian sekitar 100.000 orang (80 persen dari penduduk Bosniak) pada tahun 1995.

Genosida Muslim Rohingya di Myanmar

Rohingya adalah etnis minoritas di Myanmar. Mereka hidup terutama di negara bagian barat Rakhine. Mereka tidak secara resmi diakui oleh pemerintah sebagai warga negara dan selama beberapa dasawarsa mayoritas Buddha di negara itu dituding berbagai kalangan telah melakukan diskriminasi dan kekerasan terhadap mereka.  Tragedi yang terjadi di Rakhine 2012 ini kemudian berlanjut di tahun-tahun berikutnya, termasuk serangkaian aksi kekerasan Buddha–Muslim belakangan ini, telah menyebabkan ribuan orang tewas, ratusan ribu warga mengungsi, ribuan rumah hangus terbakar, dan tak terhitung lagi berapa nilai properti yang hancur-lebur berantakan dimusnahkan oleh massa yang sedang emosi, marah dan kalap.Tentu saja yang banyak menjadi korban dan target tragedi kekerasan ini adalah kelompok minoritas Muslim Rohingya, yang konon jumlah mereka sekitar 1 juta di Myanmar.

Genosida Muslim di Afrika Tengah

Dalam laporan Amnesti Internasional Rabu (12/2/2014), terjadi genosida umat Islam di Republik Afrika Tengah . Pembersihan itu mengakibatkan ketakutan dan mendorong eksodus yang massif kalangan muslim di negara itu. serangan paling mematikan didokumentasikan oleh Amnesti Internasional terjadi pada tanggal 18 Januari di Bossemptele, dimana sedikitnya 100 muslim tewas. Korban tewas mencakup perempuan dan lelaki tua, termasuk imam setempat yang berusia lebih dari 70 tahun. Kota-kota populasi muslim di dalamnya yang mendapat serangan gencar bersenjata adalah Bouali, Boyali, dan Baoro. 

Demikian beberapa peristiwa Genosida atau pembantaian yang pernah dialami kaum muslimin, dan mungkin masih banyak lagi yang tidak tertulis. Tulisan ini tidak bemaksud untuk mengarah pada provokasi, akan tetapi semoga dengan tulisan ini umat islam lebih disadarkan lagi akan pentingnya kesatuan umat, serta menghindari sifat saling menuduh di antara sesama muslim..

Sumber:

http://aceh.tribunnews.com/2018/11/16/terbukti-genosida-muslim-cham-dan-etnis-vietnam-2-pemimpin-khmer-merah-dipenjara-seumur-hidup?page=3.

https://jurnalislam.com/pembantaian-jammu-genosida-muslim-kashmir-oleh-hindu-india-yang-terlupakan/.

https://kisahmuslim.com/4434-tragedi-dan-teror-di-andalusia.html.

https://kumparan.com/edy-a-effendi1499330352594/1o-peristiwa-pembantaian-umat-islam-oleh-pemerintah-china.

https://muslimobsession.com/sejarah-pilu-genosida-muslim-di-bosnia/.

https://www.dw.com/id/sejarah-kelam-muslim-rohingya/a-40557421.

https://www.islampos.com/genosida-apartheid-dan-pendudukan-israel-di-palestina-sebuah-fakta-118249/.

https://www.kaskus.co.id/thread/5a68b283c2cb177e7c8b4574/muslim-uyghur-korban-pembersihan-etnis-terbesar-di-dunia/.

https://www.matamatapolitik.com/genosida-budaya-peran-china-memisahkan-keluarga-uighur-di-xinjiang/.

https://www.nahimunkar.org/mengenang-3-000-muslim-uigur-dibantai-china-komunis-bulan-ramadhan/.

https://www.republika.co.id/berita/internasional/asia/18/12/13/pjoj78382-indonesia-dinilai-sulit-tekan-cina-untuk-kasus-muslim-uighur.http://syamina.org/syamina46-Genosida-Muslim-Republik-Afrika-Tengah.html.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.