Internet Berbasis Web Berupa Google Classroom pada Pembelajaran Matematika dapat Mempermudah Proses Pembelajaran dalam Masa Pandemi

0

Oleh: Diandaruyata Kuncorowati, M.Pd

Pendidikan harus lebih menyesuaikan teknologi  yang semakin canggih untuk mencapai tujuan. Penggunaan Internet  di dunia pendidikan mempengaruhi proses pembelajaran, terutama pembelajaran berbantuan handphone android, komputer dan internet. Menurut  Easther dan King “With advances in technology such as increased bandwidth, wider internet coverange an increasing number of stand-alone and web based education relate sofware, teacher are expected to be able to use the technology avaiable in schools to improve teaching and engage students in learning”. Proses pembelajaran berbasis teknologi digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga proses komunikasi dan informasi antara guru dengan siswa bisa menjadi lebih baik. Sejak Februari 2021, Pandemi Covid 19 membuat negara–negara di seluruh dunia mengalami masalah dan tantangan tak terkecuali Indonesia. Kota-kota di Indonesia menerapkan  pembatasan wilayah. Sektor pendidikan dan  perekonomian mengalami  penurunan dan sangat mempengaruhi kegiatan keseharian.  Covid 19 juga  sangat mempengaruhi proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran  di sekolah yang biasanya dengan tatap muka berubah menjadi daring dengan menggunakan bantuan internet sepenuhnya. Guru sepenuhnya harus berperan menggunakan teknologi untuk proses pembelajaran. 

Pembelajaran matematika salah satu mata pelajaran yang telah diajarkan kepada peserta didik sejak sekolah dasar hingga tingkat pendididikan tinggi. Hal itu menunjukkan bahwa matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting untuk kehidupan yang berperan dalam dunia pendidikan. Matematika mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini sesuai dengan pendapat Sundayana (2015: 2) yang menyebutkan salah satu komponen dari serangkaian mata pelajaran yang mempunyai peranan penting dalam pendidikan. Tujuan pembelajaran matematika adalah untuk memahami konsep matematika, menggunakan penalaran, mampu menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika serta memecahkan suatu masalah. Pemahaman konsep matematika bisa menggunakan bantuan internet, salah satunya platform gratis yaitu menggunakan Google Clasroom.

Google Classroom adalah platform gratis berbasis web yang dibuat untuk mempermudah kegiatan pembelajaran pendidik dan peserta didik. Platform ini secara otomatis sudah terintegrasi dengan layanan Google Suite for Education lainnya seperti Gmail, Google Docs dan Google Calendar. Peserta didik bisa menerima dan mengumpulkan tugas langsung di Classroom, begitu juga pada guru. Durahman (2018) menjelaskan bahwa Google Classroom dapat membuat folder penyimpanan untuk setiap tugas dan setiap siswa, agar semuanya tetap teratur. Siswa dapat melacak setiap tugas yang mendekati batas waktu pengumpulan di halaman tugas dan mulai mengerjakannya dengan satu klik.

Adapun kemudahan yang bisa digunakan dalam Google Classroom antara lain seperti Google Drive, Google Docs, Sheets and Slides dan Gmail yang akan membantu lembaga pendidikan untuk lebih mudah dalam mengajar tanpa materi fisik seperti kelas, papan tulis dan alat tulis. Ada banyak fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan sebagai upaya meningkatkan kemampuan literasi siswa sehingga kualitas pemahaman siswa terhadap membaca pun meningkat selama pembelajaran online (Hapsari dan Pamungkas, 2019). Fitur-fitur tersebut (Sabran dan Sabara, 2019), yaitu:

a. Tugas (Assignments),

b. Penilaian (Grading),

c. Communication,

d. Time-cost,

e. Arsip pembelajaran (Archive Course),

f. Aplikasi seluler (Mobile Application), dan

g. Keamanan Pribadi (Privacy).

Selain itu pembelajaran menggunakan e-learning juga bisa membantu proses pembelajaran. E-Learning diartikan sebagai pembelajaran jarak jauh berbasis web yang menggunakan teknologi komputer atau biasanya disebut internet. Pembelajaran dengan menggunakan media akan memberikan pengaruh pada proses pembelajaran, pada umumnya media pembelajaran masih menggunakan media konvensional sehingga berpengaruh pada minat siswa dalam pembelajaran matematika. Pada masa pandemi ini pembelajaran akan lebih mudah dengan menggunakan internet untuk mempermudah pembelajaran. Menurut Siahaan (2002) setidaknya ada tiga fungsi pembelajaran e-learning terhadap kegiatan pembelajaran, yaitu sebagai berikut:

1. Sebagai suplemen pembelajaran pilihan/opsional.

Penggunaan E-learning berfungsi sebagai suplemen (tambahan), apabila peserta mempunyai kebebasan dalam milih. Siswa akan memiliki tambahan wawasan dan tambahan pengetahuan apabila menggunakannya.

2. Sebagai pelengkap (komplemen pembelajaran)

E-learning berfungsi sebagai komplemen pembelajaran apabila materi pembelajran diberikan sebagai pelengkap materi pembelajaran siswa di dalam kelas konvesional (lewis, 2002). Sebagai komplemen berarti pembelajaran berbantuan internet diprogramkan sebagai materi pengayaan atau remedial bagi siswa di dalam mengikuti kegiatan pembelajaran konvesional.

3. Sebagai pengganti (subsitusi) pembelajaran

Internet sebagai pengganti jika pembelajaran virtual sepenuhnya dilakukan dalam proses pembelajaran.

Dengan demikian, Pada masa pandemi ini proses pembelajaran mempunyai tantangan tersendiri terutama pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika dimana  penggunaan internet sangat dibutuhkan khususnya penggunaan platform web berupa google classroom. Peserta didik dimudahkan dalam mengakses materi dan pengumpulan tugas dengan menggunakan google classroom. Walaupun demikian, proses pembelajaran memang tidak bisa semaksimal seperti pembelajaran tatap muka. Penggunaan Internet setidaknya memberikan peserta didik kesempatan memperoleh pembelajaran secara mandiri dan terstruktur di rumah masing-masing.

Referensi:

Durahman. 2018. Pemanfaatan Google Classroom sebagai Multimedia Pembelajaran bagi GuruMadrasah pada Diklat di Wilayah Kerja Kemenag Kabupaten Cianjur. Jurnal Diklat Keagamaan, XII(34), 215-221.

Esther  Yook &  kin loong. 2014. “Using the Internet in High School mathematics”. Journal MS – JME, 5(2) 108.

Firdaus, Indra Cahya . 2017. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal  Informatika  Unviersitas Pamulang. 2(1): 52-53.

Hapsari, S.A., dan Heri Pamungkas. 2019. Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA, 18(2), 225 – 233.

Kenali Google Classroom, Masa depan Layanan Pengajaran Berbasis Online Indonesia (2021). Diunduh dari https://glints.com/id/lowongan/google-classroom-adalah/ .

Sabran dan Sabara, Edy. 2019. Keefektifan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar. ISBN: 978-602-5554-71-1. Halaman 122-125.

Siahaan, Sudirman. (2002). Studi Penjajagan tentang Kemungkinan Pemanfaatan Internet untuk Pembelajaran di SLTA di Wilayah Jakarta dan Sekitarnya. dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Tahun Ke-8, No. 039, November 2002. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan-Departemen Pendidikan Nasional.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.