3 JENIS PRESTASI YANG HARUS DI RAIH MAHASISWA

Oleh : Muhammad Rokhim

0

Menjadi mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi adalah prestasi, karena banyak orang yang tidak mempunyai kesempatan untuk bisa menjadi mahasiswa. Nah rugi bangetkan?, kalau sudah jadi mahasiswa tapi waktunya hanya dihabiskan buat menuntaskan SKS setiap semesternya saja. Kampus adalah tempat belajar yang paling kondusif untuk memperoleh semua jenis keilmuan, mulai dari ilmu yang bersifat umum, sampai dengan spesifikasi kekhususan. Jadi sangat sia-sia sekali jika sudah menjadi mahasiswa tapi hanya punya satu keahlian saja.

Selama di Kampus seharusnya seorang mahasiswa memaksimalkan perannya pada kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler dalam rangka belajar dan meningkatkan kemampuan. Sehingga mampu menjadi menjadi manusia yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya agar dapat menjadi lulusan yang menguasai cabang ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu berdaya saing ketika sudah pasca kampus.

salah satu indikator keberhasilan  menjadi mahasiswa di Kampus adalah dengan banyaknya prestasi yang ditorehkan, baik itu yang sesuai dengan bidang ilmu, hobi dan lingkungan aktivitas. Nah untuk itu seorang mahasiswa harus tau jenis prestasi apa saja yang harus mereka raih dan ukir selama menjadi mahasiswa. Secara garis besar di kampus itu ada tiga jenis prestasi yang harus di kejar oleh mahasiswa sesuai dengan penggolongan prestasi di buku panduan pemilihan mahasiswa berprestasi tahun 2018 Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yaitu sebagai berikut:

A. Prestasi Pencapaian

Definisi prestasi pencapain adalah  prestasi mahasiswa pada satu atau beberapa bidang ilmu tertentu yang diperoleh melalui mekanisme kompetisi yang diselenggarakan oleh lembaga atau asosiasi tingkat internasional/regional/nasional/provinsi. Simplenya prestasi pencapaian adalah prestasi yang diperoleh malalui mekanisme kompetisi, dengan outputnya adalah pemeringkatan dari hasil kompetisi tersebut.

Prestasi capaian ini jelas dan terukur karena ada pemeringkatanya yaitu ada peraih juara 1, 2 dan 3, kadangkala di lengkapi dengan juara harapan. Sangat banyak sekali event tahunan yang sudah terjadwal yang dapat diikuti oleh mahasiswa untuk mengoleksi prestasi pencapain ini, seperti OSN-Pertamina yang rutin diadakan setiap tahunnya dengan penyelenggara utamanya adalah Pertamina dan Universitas Indonesia. ON-MIPA PT, NUDC, PilMapres, MTQ Mahasiswa, Program Kreatifitas Mahasiswa, POMNas (program kompetisi rutin tahunan yang diadakan oleh DIKTI), perlombaan karya tulis ilmiah, bisnis plan competation, lomba menulis cerpen, puisi dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan kompetisi dengan output pemeringkatan.

Mahasiswa seharusnya dapat lebih maksimal meraih prestasi pencapain dikarenakan semua kegiatan kompetisi setiap tahunya sudah terjadwal dengan rapi, sehingga untuk menyosong kompetisi yang akan diikuti punya kesempatan lebih maksimal untuk mempersiapkan diri.

B. Prestasi Penghargaan/Pengakuan

Prestasi penghargaan atau pengakuan merupakan adalah pemberian/penghargaan/pengakuan yang diberikan oleh lembaga atau asosiasi tingkat internasional/regional/nasional/provinsi atas raihan prestasi mahasiswa pada satu atau beberapa bidang ilmu tertentu yang diperoleh atas jasa/upayanya dalam perkembangan Iptek atau memberikan manfaat kepada masyarakat. Sederhananya prestasi penghargaan atau pengakuan tidak diukur dengan output pemeringkatan akan tetapi diukur dengan kepuasan dan kebermanfaatan yang diberikan sehingga diakui oleh banyak pihak.

Beberapa contoh yang dapat di kategorikan sebagai prestasi penghargaan atau pengakuan adalah menjadi perwakilan atau delegasi Kampus/Indonesia dalam forum-forum nasional, regional dan internasional. Didalam forum-forum tersebut sangat banyak isu yang akan menjadi topik utamanya sehingga mahasiswa dituntut memiliki pengetahuan yang mengglobal. Contoh lainya prestasi penghargaan atau pengakuan adalah keberhasilan mahasiswa dalam memajukan daerah pendesaan dengan program hibah desa, program pendampingan desa, pemberdayaan masyrakat dan lain-lain. Sehingga dengan kegiatan-kegiatan tersebut diakui keberadaan mahasiswa di masyarakat yang memberikan dampak posistif.

Menjadi penulis buku, publik figur, dan menjadi narasumber dalam berbagai kegiatan dialog interaktif, seminar dan talkshow juga merupakan salah satu prestasi pangkuan, yang diberikan banyak orang atas kemampuan dan keahlian kita dalam bidang tertentu. Jadi di prestasi penghargaan dan pengakuan ini mahasiswa harus punya tingkat percaya diri yang tinggi, kemampuan komunikasi yang sangat baik dan ide-ide kreatif untuk masayarakat yang tidak pernah habis.

C. Prestasi Kepemimpinan

Menjadi pemimpin juga merupakan sebuah prestasi yang harus diraih mahasiswa ketika dikampus. Kemampuan menjadi pemimpin tidak bisa diperoleh dengan begitu saja tentunya ada proses panjang sehingga seseorang diangkat menjadi  pemimpin, itulah sebabnya menjadi pemimpin adalah sebuah prestasi. Dalam sebuah organisasi kemahasiswaan seperti HIMA, UKM, dan BEM sebanyak apapun anggotanya yang jadi ketua umumnya pasti hanya satu orang, begitu juga dengan jabatan-jabatan stretegis lainya pasti dipimpin oleh satu orang, artinya yang menjadi pemimpin adalah orang yang istimewa sehingga diakui oleh teman-temannya untuk memimpin.

Seorang pemimpin harus mempunyai banyak kemampuan softskill sehingga mampu menjalankan roda kempimpinannya dengan maksimal, jika pemimpin tidak memiliki kemampuan maka alamat akan berantakan organisasi, komunitas atau perkumpulan yang di pimpinnya. Maka sangat layak jika menjadi pemimpin juga adalah sebuah prestasi penting.

Itulah tiga jenis prestasi yang harus diraih mahasiswa ketika menjadi mahasiswa di kampus.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.