Visi, Misi dan Program Kegiatan

Visi ISNET adalah “Melahirkan generasi professional di 3 sektor pengabdian (publik, private/swasta, dam Lembaga Swadaya Masyarakat) dengan kapasitas moral dan intelektual, untuk membangun masyarakat, bangsa dan negara”. ISNET menjabarkan visi tersebut dalam misi-misi di bawah ini :

  1. Meningkatnya kepeloporan mahasiswa, akademisi dan professional dalam pelayanan dan pemberdayaan untuk kesejahteraan masyarakat.
  2. Melaksanakan mobilitas sumber daya manusia ke berbagai sector pengabdian, penguatan kemitraan strategis, dan pengendalian arah kebijakan pemerintah.
  3. Tumbuh, terbina, terbentuknya akademisi dan professional di berbagai bidang ilmu dan di berbagai sector pengabdian.
  4. Mendorong dan menginisiasi terwujudnya kebijakan publik di berbagai sektor yang berpihak pada masyarakat, bangsa dan negara.
  5. Mengembangkan kerjasama internasional dalam berbagai bidang yang produktif untuk kemajuan bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa lain di dunia.

Untuk menjalankan Misi-misi tersebut, ISNET memiliki 12 program utama dengan melibatkan staheholdres pendidikan, pemerintah, swasta atau industri, dan masyarakat yang mempunyai program atau minat dalam pengembangan pendidikan, ilmu pengetahun dan riset, serta pembinaan komunitas masyarakat berbasis kompetensi. ISNET bekerjsama dengan lembaga-lembaga ilmiah kampus dalam melaksanakan program kerjanya. Program-program tersebut adalah :

  1. Pemetaan potensi dan pembinaan SDM mahasiswa berprestasi
  2. Pemetaan potensi akademisi dan profesional Indonesia di dalam dan luar negeri
  3. Bimbingan perencanaan karir atau career path bagi pelajar dan mahasiswa
  4. Pengenalan studi keluar negeri bagi pelajar dan mahasiswa
  5. Pertemuan dengan akademisi dan professional di luar negeri untuk membangun jaringan Internasional.
  6. Pembangunan jaringan lembaga keilmuan kampus di dalam dan luar negeri
  7. Seminar dan workshop pengelolaan lembaga keilmuan/ilmiah kampus dan sekolah
  8. Kerjsama lembaga keilmuan Nasional dan Internasional, dalam berbagai bidang produktif untuk pengembangan sumber daya manusia dan institusi lembaga
  9. Kerjasama dengan lembaga keilmuan kampus, pemerintah & swasta dalam berbagai bidang produktif untuk kesejahteraan masyarakat
  10. Community development berbasis kompetensi dengan bekerjasama dengan komunitas pemuda desa/kampung, pemerintah daerah, dan swasta dalam konsep ABG (Academician, Bussines, and Government).
  11. Diskusi kebijakan publik antara masyarakat desa, pemerintah daerah dan DPRD, bekerjasama dengan lembaga keilmuan kampus
  12. Seminar isu strategis kebijakan pemerintah yang terkait dengan kehidupan bangsa dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam melaksanakan program-program utama diatas, ISNET mencari dana dari donasi yang tidak mengikat, hibah atau dana kompetitif pemerintah dan Corporate Social Responsibility (CSR) atau dana kompetitif dari swasta.