Grand Launching Sekolah Ilmiah Pascasarjana Sebagai Awal Rangkaian Acara Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Di UNS

Oleh : Rija Dwiono, S. Pd. (Ketua Bidang Kajian Keilmuan dan Keislaman FOMMPAS UNS)

0

Dalam mendukung Universitas Sebelas Maret menuju the world class university dan untuk memfasilitasi pelatihan penulisan dan publikasi artikel ilmiah kepada mahasiswa perguruan tinggi khusunya UNS agar dapat mencetak mahasiswa yang dapat menerbitkan karya tulis ilmiahnya dalam sekala nasional maupun internasional. Forum Mahasiswa Muslim Pascasarjana UNS (FOMMPAS UNS) sebagai salah satu organisasi yang ada di lingkungan civitas akademika Universitas Sebelas Maret merasa perlu mengadakan suatu terobosan dengan cara mengadakan suatu kegiatan yang diberi nama SIP (Sekolah lmiah Pascasarjana). SIP merupakan rangkaian agenda rutin FOMMPAS yang diadakan sepanjang tahun dengan beberapa rangkain acara. Tahun ini merupakan tahun kedua terselanggaranya SIP dimana SIP tahun lalu sukses dilaksanakan dengan diikuti oleh banyak mahasiswa dan dosen dari berbagai perguruan tinggi.

SIP sendiri merupakan salah satu program kerja Bidang Kajian Keilmuan dan Keislaman (BK3) FOMMPAS UNS. Dan untuk mengadakan pelatihan penulisan yang berkualitas dan berkelanjutan bagi mahasiswa UNS, SIP tahun 2018 ini diadakan bekerjasama dengan LPPM (Lembaga Penjamin Mutu Penelitiandan Pengabdian Masyarakat) UNS. Pada tanggal 07 Mei 2018 kemarin, di aula lantai 6 Pascasarjana UNS, rangkaian kegiatan SIP di tahun 2018 dibuka dengan seminar yang bertema “Grand Launching SIP: Mengenal Kriteria, Klasifikasi, dan Mutu Penerbit Jurnal Ilmiah Terakreditasi”. Tema ini dipilih karena banyak mahasiswa dan dosen masih memiliki kendala untuk memilih penerbi jurnal yang kredibel dan pada akhirnya menjebak mereka menerbitkan jurnal pada predatory journal publisher.Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi salah satu referensi mahasiswa dalam memilik penerbit jurnal yang tepat dan kredibel sehingga meningkatkan daya saing mahasiswa di Indonesia khususnya UNS untuk menghadapi perkembangan global yang semakin tinggi dalam upaya inovasi dalam berbagai bidang.

Acara Grand launching SIP diahadiri olehDrs. Harjana, M.Si. M.Sc., PhD. selaku asisten direktur II Pascasarjana UNS dan Prof. Dr. Djatmika, M.A selaku pembina FORSI HIMMPAS (Forum Silaturahmi Himpunan Mahasiswa Muslim) Indonesia. Mereka menyampaikan sambutan bahwa mereka mendukung penuh terselenggaranya SIP dan mengharapkan SIP dapat terlaksana secara terus menerus setiap tahunnya dalam rangka mendukung penulisan dan penerbitan karya ilmiah oleh mahasiswa dan dosen di perguruan tinggi khususnya UNS. Selain itu, seminar Grand Launching SIP diisi oleh tiga pembicara yang ahli dalam bidangnya serta berpengalaman dalam memilih serta menerbitkan artikel ilmiah dalam skala nasional maupun internasional. Yaitu Prof. Drs.Sutarno, M.Sc. Ph.D, Dr.Kundharu Saddhono, S.S, M.Hum, Prof.Dr.rer.nat Sajidan, M.Sidan Dewanta Arya Nugraha, M.Pd., M.Si.

Prof. Drs.Sutarno, M.Sc. Ph.D selaku wakil rector bidang akademik UNS sekaligus sebagai pembicara pertama pada seminar Grand Launching SIP menyampaikan materi yang berkaitan dengan pentingya penulisan artikel ilmiah serta peraturan dan kewajiban publikasi nasional serta untuk mahasiswa UNS. Selain itu Prof. Drs. Sutarno menyampaikan bahwa generasi muda sangat berperan penting untuk mendorong perkembangan ilmu pengetahuan dengan melakukan penelitian serta menerbitkannya pada penerbit jurnal yang kredibel. Di sesi penyampaian materi yang kedua, disampaikan oleh Dr. Kundharu Saddhono sebagai peneliti yang ahli dalam bidang ilmu social dan humaniora. Beliau menyampaikan bagamaina cara memilih, menilai mutu dan melihat ciri-ciri dari penerbit jurnal yang kredibel, serta cara menulis artikel yang baik agar dapat diterima oleh penebit jurnal dalam skala nasioanal dan internasional.

Dalam penyampaian materi sesi terakhir, Prof. Dr.rer.nat Sajidan, M.Sidan Dewanta Arya Nugraha, M.Pd., M.Si mengenalkan situ-situs yang dapat diakses oleh mahasiswa untuk mendapatkan informasi-informasi pelaksanaan konferensi, seminar atau symposium internasional. Serta mengenalkan ciri-ciri dan klasifikasi jurnal yang terindeks scopus, DOAJ dan terakredatasi nasional oleh dikti. Selain itu mereka juga menyampaikan nama-nama jurnal kredibel yang dapat dipilih untuk menerbitkan artikel ilmiah. Materi yang  disampaikan oleh pembicara sangat bermanfaat bagi peserta karena banyak peserta yang belum memilik referensi untuk memilih jurnal yang kredibel dan tepat sesuai dengan bidangnya. Dan acara seminar Grand Launching SIP ditutup dengan pemberian kenang-kenangan kepada pembicara yang diberikan oleh M. Hasan  Wicaksono selaku ketua FOMMPAS UNS 2018.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.