7 TIPS Jitu Taklukkan IELTS Tanpa Kursus

Oleh : Nuri Yati

0

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya IELTS. Terutama buat kamu para pejuang beasiswa ke luar negeri. IELTS menjadi syarat mutlak dari hampir semua beasiswa ke luar negeri khususnya ke negara-negara di Eropa yang bahasa pengantarnya bahasa inggris. IELTS sering menjadi momok yang menakutkan bagi para scholarship hunter. Selain karena memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dengan TOEFL, tes IELTS juga membutuhkan biaya yang cukup funtastis yaitu hampir Rp 3 juta.

Dengan alasan diatas, tentunya kamu tidak ingin jika tes IELTS mu gagal. Pastinya kamu harus mempersiapkan semuanya secara matang. Banyak yang mengambil kursus IELTS intensif  demi mendapatkan score yang diinginkan dengan biaya yang tidak sedikit. Nah buat kamu yang tidak punya budget untuk kursus kamu masih bisa belajar IELTS sendiri secara autodidak. Namun diperlukan usaha yang ekstra karena kamu belajar tanpa seorang mentor. Berikut ini tips jitu taklukkan IELTS tanpa kursus yang bisa kamu lakukan

  1. Kuasai Grammar Terlebih Dahulu

Modal belajar IELTS adalah kemampuan dasar bahasa inggris. Grammar, tenses dan turunannya harus kamu kuasai. Sebagai rekomendasi kamu bisa mempelajari Buku TOEFL by Cliff  yang ringkas dan lengkap.

  1. Pelajari Buku tentang IELTS

Saat ini sudah banyak sekali buku pedoman belajar IELTS yang tersedia gratis di google. Sebagai referensi kamu bisa mencari di google dengan kata kunci “Cara Cepat Belajar IELTS”, “Memperoleh IELTS 7.5”, dan lain sebagainya. Selain itu kamu juga bisa belajar mengerjakan soal IELTS yang bertebaran dan free download. Salah satu referensi yang paling terkenal adalah IELTS Cambridge 1-12.

  1. Belajar Listening

Kamu bisa belajar listening dengan mendownload aplikasi BBC player atau British Council. Cukup dengarkan saja podcast atau berita secara rutin minimal 10 menit per hari. Maka kamu akan terbiasa dengan aksen british. Waktu yang paling tepat untuk direkomendasikan adalah sebelum tidur. Selain itu kamu juga bisa mengikuti massive online course yang diselenggarakan oleh platform gratis MOOC. Tidak disarankan belajar listening dengan menonton film barat karena itu kurang efektif.

  1. Belajar Reading

Agar kemampuan reading  bisa meningkat kamu harus perbanyak membaca jurnal internasional sesuai background ilmu mu. Jika kamu masih kesulitan membaca jurnal, kamu bisa membaca newsinlevel secara rutin. Setiap pagi kamu bisa membaca 2-3 buah berita internasional seperti bbcnews dan Theguardian. Pilih topik berita yang kamu sukai. Sebagai pemanasan kamu juga bisa membaca Jakartapost yang lebih mudah dipahami oleh pemula.

  1. Belajar Writing

Satu hal yang sangat disarankan ketika latihan writing adalah mengacu pada satu sumber yang kamu yakini karena masing-masing sumber mempunyai trik yang berbeda-beda. Sebagai rekomendasi kamu bisa belajar di website ielts essential. Pelajari dan ikuti rules maupun saran yang direkomendasikan. Dijamin kamu bisa mendapatkan skor yang cukup.

  1. Belajar Speaking

Sama halnya seperti writing, kamu bisa belajar speaking lewat web ielts essential. Disana akan dijelaskan cara menjawab soal di sesi speaking. Untuk melatih agar percaya diri dalam speaking kamu bisa mencari partner yang se-visi atau native speaker jika memungkinkan.

7. Tetapkan Jadwal Belajar

Umumnya butuh waktu sekitar 240 jam untuk meningkatkan 1-2 poin IELTS. Jadi direkomendasikan untuk belajar IELTS per hari minimal 8 jam. Habiskan 1 modul per hari. Catat kesalahan dan lakukan evaluasi. Sebagai bahan belajar jangan lupa untuk mendowload dan mencetak IELTS Cambridge 1-12 agar kamu terbiasa dengan tes IELTS.

 

Narasumber: Muhammad Ainul Yaqin

Sumber Gambar: https://www.futurelearn.com/courses/understanding-ielts

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.