Udara dan Kehidupan

Oleh : Miqdad Robbani

0

Tutup hidung dan mulut Anda selama satu atau dua menit, maka Anda akan tahu pentingnya udara untuk hidup Anda. Karena mengandung oksigen yang Anda butuhkan. Anda juga akan menemukan bahwa jika udara tidak ada, maka matilah semua orang dalam hitungan menit, serta semua hewan yang berhubungan dengan udara. Udara yang Tuhan telah berikan berupa nikmat kepada Anda selama beberapa menit? Apakah Anda sudah melakukan kewajiban untuk berterima kasih kepada Tuhan Anda?

Pertanyaanya, adakah manfaat udara selain untuk bernafas?
1) Ya ada, atmosfer Bumi adalah perisai pelindung bagi penghuni Bumi dari meteor dan meteorit yang jatuh di Bumi setiap hari.
Kepadatan udaralah yang menjadi perisai sehingga bisa membakar meteor dan meteorit sebelum mereka mencapai Bumi oleh atmosfer.  Jika tidak, meteor akan membakar kota, desa dan tanaman. Lapisan ozon yang mengelilingi bumi, beberapa mil jauhnya, melindungi Bumi dan biomasnya dari sinar kosmik yang mematikan yang bergerak ke bumi dari langit

2) Manfaat dari udara lainnya adalah udara menyerbuki bunga di tanaman dan buah. Jika tidak, mungkin kita tidak akan menemukan bunga dan buah.
Allah berfirman, “dan kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan” (Al-Hijr 22)

3) Di atas udara pulalah burung dan pesawat, terbang. Udara laut, apabila kita menyelam di kedalamannya, dia memiliki tekanan pada tubuh kita guna menyeimbangkan tekanan cairan tubuh, darah dan lain-lain. Jika tidak ada tekanan yang tepat, maka pembuluh darah kita bisa meledak. Dengan keseimbangan itu kita tidak merasakan tekanan darah dan tekanan udara.

4) Udara (angin) membawa hujan untuk kita secara gratis.
Dalam berlayar, manusia juga diuntungkan oleh adanya udara selama berabad abad. Allah ta’ala berfirman dalam surat Asyura ayat 33-34,”Dia menghendaki, Dia akan menghentikan angina, sehingga jadilah kapal-kapal itu terhenti di permukaan laut. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat (Kebesaran Allah) bagi orang yang bersabar dan banyak bersyukur. Atau (Dia) akan menghancurkan kapal-kapal itu karena perbuatan (dosa) mereka, dan Dia memaafkan banyak dari mereka.
Juga dalam surat Al Jasiyah ayat 3-6,”Sungguh pada langit dan bumi terdapat tanda-tanda (Kebesaran Allah) bagi orang-orang mukmin. Dan pada penciptaan dirimu dan pada makhluk bergerak yang bernyawa yang bertebaran (di Bumi) terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) untuk kaum yang meyakini. Dan pada pergantian malam dan siang, dan hujan yang diturunkan Allah dari langit, lalu dengan (air hujan) itu dihidupkan-Nya bumi setelah mati (kering); dan pada perkisaran angina terdapat pula tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang mengerti.

Tanda-tanda kebesaran Allah pada makhluknya sangat banyak, begitu juga pada udara yang menjadi kebutuhan terpenting dalam kehidupan seluruh manusia. Maka Allah yang Maha Pengasih menciptakan disetiap tempat di Bumi ini udara. Manusia tidak perlu mengumpulkanya, tidak perlu memindahkanya dan juga tidak membutuhkan biaya. Apabila kita berfikir, bahwa pemakai udara ada manusia dan hewan yang membutuhkan oksigen kemudian mengeluarkanya menjadi karbondioksida dan begitu seterusnya, maka kita akan terfikir bahwa udara akan habis dan kita akan mati. Tidak.. sekali kali jangan katakan itu karna sesungguhnya anda memiliki tuhan yang maha penyayang. Allah telah memberikan setiap yang butuh oksigen secara terus menerus memalui tumbuhan yang menghirup karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen untuk digunakan oleh manusia dan hewan. Allah juga menciptakan perangkat saluran pernafasan dalam diri manusia sejak masih berada dalam kandungan kemudia lahi sampai meninggal. Saluran pernafasan ini belerja dalam keadaan kita tidur ataupun bangun. Sebagimana Allah menciptakan udara disetiap tempat, Allah juga memudahkan kita untuk menghirup udara dengan pernafasan tanpa kelelahan, tanpa kesakitan dan tidak perlu susah payah.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.