Meningkatkan Minat Teknologi Sejak Usia Dini

Oleh : Mira Montea

0

Seiring dengan perkembangan teknologi, dimana setiap detiknya teknologi terus mengalami pembaharuan. Teknologi terbarukan yang lahir tiap detiknya menciptakan berbagai perangkat yang berfungsi untuk memudahkan kegiatan manusia, dan tentunya hal ini akan memberikan berbagai dampak bagi generasi mendatang mulai dari kemudahan mengakses informasi yang memicu generasi yang serba praktis ataupun lainnya.

Tapi tentu hal tersebut harus kita jadikan peluang untuk memicu kreativitas generasi muda sedini mungkin. salah satunya dimulai dari tingkat sekolah dasar. Robotik dapat digunakan sebagai salah satu mediator untuk memicu tingkat kreativitas anak untuk menciptakan keterbaruan dimasa depan.

Ketika mendengar kata robot hal yang muncul dalam benak sebuah robot berbentuk manusia yang tersusun sangat kompleks, padahal pada dasarnya segala perangkat yang tersusun dari input, proses dan output merupakan robot.

Pada dasarnya robot sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu robot analog dan digital, tentu materi pembelajaran robot yang disesuaikan dengan kebutuhan anak untuk awal sebaiknya anak  diarahkan ke arah robot analog dimana robot analog sendiri merupakan robot tanpa menggunakan pemograman, dalam tahapan ini kita mengembangkan potensi mereka dibidang mekanik (mekanika gerak benda), serta logika sederhana dari sebuah rangkaian.

Selain pembelajaran robot analog kita juga mulai memperkenalkan robot digital sederhana yang tentu akan memicu ketertarikan sendiri dengan harapan mereka memiliki minat untuk membuat sistem yang lebih kompleks.

Sehingga kita dapat mulai membangun karakter saintis sejak dini menggunakan robot sederhana sebagai media pembentukan karakter tersebut. Melalui analisa proyek sederhana, beberapa potensi dapat kita kembangkan antara lain mengasah potensi dari anak mulai dari kemampuan membaca permasalahan di sekitarnya sehingga muncul ide untuk memecahkan permasalahan tersebut. Terpacunya kreativitas sehingga menjadikan anak seorang creator  yang mampu membangun imajinasi yang luar biasa yang mampu menjadi penyelesaian masalah yang ia lihat. Selain itu juga anak mulai memahami cara memanajemen waktu untuk bagaimana caranya menyelesaikan permasalahan yang telah dianalisis.

Untuk saat ini banyak film fantasi yang menggunakan ide cerita robot dan segala hal yang menggambarkan kemajuan teknologi dimasa depan sebagai nilai jual dari film mereka. Tentu hal ini juga memberikan dapak yang cukup besar untuk anak, hal ini akan memicu tingkat kreativitas mereka.

Dan ketika kita berbicara masa depan tentu hal ini tidak lepas dari saat ini, dan kita yang berada di masa ini tentu tidak terlepas dari sejarah masa lalu maka penting bagi kita untuk mengetauhi sejarah tersebut apalagi sejarah mengungkapkan bahwa robotika itu lahir dari seorang ilmuan muslim.  ALJazari (1136-1206) merupakan seorang Ilmuwan dari Al-Jazira, Mesopotamia, yang hidup pada abad pertengahan. Dia adalah ilmuwan Muslim terkemuka yang didaulat dunia sebagai  “Bapak Teknik Modern” yang juga penulis Kitáb fí ma’rifat al-hiyal al-handasiyya (Buku Pengetahuan Ilmu Mekanik).

Maka dari itu pentingnya mengenalkan sejarawan muslim sejak dini agar mereka mengidolakan ilmuan muslim. Sehingga dapat melahirkan saintis muslim dan muslim yang saintis.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.