by. Kurniawan Nur Ramadhani

Posyandu Citrawati adalah posyandu yang berstrata sebagai Posyandu Mandiri yang berada di RW 15, desa Soreang, kecamatan Soreang, kabupaten Bandung. Posyandu Citrawati merupakan salah satu posyandu di kabupaten Bandung yang sangat cepat perkembangannya. Dalam jangka waktu dua bulan, posyandu Citrawati mampu meningkatkan strata dari posyandu Pratama dengan jumlah kader hanya 4 orang menjadi posyandu Mandiri dengan jumlah kader 13 orang dan penggunaan dana sehat untuk 80% Kepala Keluarga (KK). Posyandu Citrawati sangat produktif dalam melaksanakan kegiatan. Kegiatan yang telah rutin dilaksanakan di posyandu Citrawati antara lain:
a. Kegiatan panca krida posyandu meliputi: Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), Imunisasi, Peningkatan gizi dan Penanggulangan diare
b. Bina Keluarga Balita (BKB)
c. Pos bindu merupakan kegiatan yang melibatkan peran serta masyarakat dalam rangka deteksi dini, pemantauan dan tindak lanjut dini faktor risiko penyakit tidak menular secara mandiri dan berkesinambungan.
d. Kelas ibu hamil
e. Pos Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Kegiatan Posyandu Citrawati rutin terlaksana dengan frekuensi 2-3 kali seminggu. Kegiatan yang telah berjalan di Posyandu Citrawati didukung dengan adanya sarana bangunan Posyandu yang 75% dana pembangunannya berasal dari iuran warga. Selain itu terdapat pula sarana pendukung seperti papan data dan Alat Permainan Edukatif (APE). Dukungan yang besar juga didapatkan dari pemerintah setempat dengan adanya keterlibatan dari RT dan RW setempat, komitmen dari SKPD dan pendampingan yang rutin oleh PKK dan PKP. Dengan beragam kegiatan yang ada pada Posyandu Citrawati dan tingkat keaktifannya yang cukup tinggi, Posyandu Citrawati mendapatkan kehormatan dengan mewakili Kabupaten Bandung menjadi satu dari lima Posyandu Model yang ada di Jawa Barat.
Namun, karena keterbatasan dalam penguasaan teknologi khususnya teknologi informasi, semua kegiatan administrasi pada posyandu Citrawati masih menggunakan proses manual. Hal ini dinilai sangat merepotkan oleh para kader posyandu. Banyaknya kegiatan yang dilaksanakan di posyandu harus diiringi dengan keterampilan untuk melakukan pendataan dan menyusun laporan kegiatan dengan cepat dan rapi. Hal ini sangat dibutuhkan oleh pihak desa dan pemerintah terkait untuk memonitor kinerja posyandu Citrawati yang merupakan salah satu Posyandu Model di Jawa Barat.
Berangkat dari alasan tersebut, tim dosen dari Fakultas Informatika Universitas Telkom, bekerjasama dengan Lembaga Keilmuan Mahasiswa Intellectual Community (ILMY) Universitas Telkom, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pelatihan aplikasi perkantoran untuk meningkatkan keahlian para kader Posyandu Citrawati dalam penguasaan teknologi informasi. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 15-16 Agustus 2017 di Laboratorium Informatika Universitas Telkom. Pelatihan ini dihadiri oleh 20 orang kader Posyandu Citrawati dan Pendamping Kader Posyandu (PKP).

Pemateri dalam kegiatan pelatihan ini adalah bapak Kurniawan Nur Ramadhani dan ibu Febryanti Sthevanie dari Fakultas Informatika Universitas Telkom. Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah penggunaan aplikasi perkantoran, yakni Microsoft Word, Excel dan PowerPoint dengan studi kasus adalah pelaporan kegiatan posyandu dan juga penyusunan proposal dan surat kegiatan posyandu. Feedback yang diberikan oleh peserta pelatihan ini sangat positif. Seluruh peserta menyampaikan bahwa materi yang diberikan sangat cocok dengan kebutuhan mereka di lapangan. Selain itu, mereka juga memberikan feedback positif terhadap pelayanan dari pihak panitia, baik mahasiswa maupun dosen Fakultas Informatika. Mereka juga berharap akan ada kegiatan pelatihan lanjutan dengan materi-materi lainnya yang lebih menarik, seperti desain grafis dan dasar-dasar internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *