by : Anes Devy Anggraeni – Staf Divisi Akademik YBRB

 

Yayasan Bina Remaja Bantul atau sering disingkat YBRB merupakan lembaga non pemerintah dan non profit. Lembaga ini didirikan atas inisiatif beberapa orang pemerhati remaja dan pendidikan yang merasa prihatin dengan kondisi yang menimpa remaja di wilayah Kabupaten Bantul. Yayasan Bina Remaja Bantul secara resmi berdiri pada tahun 2008 dengan pengesahan dari notaris yaitu Akta Notaris Mochamad Ikhwanul Muslimin, S.H. No. 7, tanggal 20 Februari 2008 yang diperbarui menjadi No. 6 Tanggal 22 Juni 2012. Yayasan ini memiliki kantor yang berlokasi di Bantul Karang, Ringinharjo, Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk memperkuat legalitas sebagai sebuah yayasan, maka Yayasan Bina Remaja Bantul mendapatkan pengesahan melalui SK Kementerian Hukum dan HAM RI No. AHU – 103.Ah.01.04 Tahun 2013.

Gambar 1. Serunya Pelajar Bantul Menyambut Ramadhan (SUPERMAN) YBRB

Yayasan Bina Remaja Bantul menyadari bahwa pemuda merupakan aset masa depan yang sangat berharga. Mereka memiliki potensi fisik, pikiran, dan hati yang bisa diberdayakan untuk membangun bangsa ini menjadi lebih baik dengan pengembangan dan pemberdayaan potensi yang tepat mereka akan mampu mewujudkan akselerasi kejayaan negeri ini. Atas dasar itulah YBRB memfokuskan pembinaan remaja dan pemuda untuk dikembangkan potensinya menjadi manusia yang unggul bagi agama, masyarakat, dan bagi bangsa Indonesia.

Kontribusi dan peran sumber daya berkualitas sangat diperlukan Indonesia sebagai katalisator dalam mendukung perluasan percepatan pembangunan negeri. Namun saat ini Indonesia masih menghadapi masalah pembangunan yang belum merata. Salah satunya disebabkan masih rendahnya sebaran sumber daya manusia yang berpendidikan tinggi. Salah satu contohnya adalah kondisi generasi muda khususnya pelajar di daerah Kabupaten Bantul yang berasal dari keluarga kurang mampu dan belum sepenuhnya menikmati pendidikan dengan baik. Hal ini disebabkan oleh faktor ekonomi yang belum mampu menunjang keberlangsungan pendidikan mereka. Padahal sebagian diantara mereka merupakan pelajar yang berprestasi dan merupakan calon-calon pelopor perubahan.

Gambar 2. Rumah Qur’an (RQ) YBRB. Pembinaan Tahsin Pelajar Bantul

Kondisi ketidakmampuan secara finansial ini akhirnya menjadi alasan untuk tidak melanjutkan pendidikan. Pentingnya tuntutan kesempatan memperoleh pendidikan setiap warga harus merata, guna meningkatkan kualitas sumber daya manusianya sehingga pembangunan mampu berjalan dengan optimal. Selain itu, kondisi moral generasi muda semakin hari semakin memprihatinkan. Banyaknya informasi yang diserap tanpa adanya kemampuan yang cukup untuk memilah informasi yang baik menjadikan mereka semakin terjerumus kearah tindakan yang menyimpang. Untuk itu, diperlukan juga pendampingan bagi pelajar-pelajar tersebut agar mereka mampu mawas diri.

Guna mengakomodir kebutuhan tersebut, Yayasan Bina Remaja Bantul memiliki gagasan dan berkomitmen untuk memberikan pembinaan melalui berbagai program unggulannya. Beberapa program tersebut diantaranya adalah pembinaan spiritual melalui Kajian Pelajar Ahad Pagi (KPAP), Gema Ramadhan Pelajar Bantul, dan Rumah Qur’an (RQ) untuk pendampingan belajar dan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Selain itu, ada juga pembinaan akademik dan softskill berupa StudentTalk (Forum diskusi online dan offline berbagi inspirasi studi pasca SMA bersama orang hebat dari berbagai daerah di Indonesia), dan Program  Beasiswa Pelajar Hebat (BPH) bagi pelajar yang memiliki potensi akademik/non akademik yang baik, aktif dalam berorganisasi, dan berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Gambar 3. Kajian Pelajar Ahad Pagi (KPAP) YBRB

Program Beasiswa Pelajar Hebat (BPH) merupakan program pembinaan berkelanjutan yang ditujukan untuk tunas bangsa usia SMA. Dengan adanya Beasiswa Pelajar Hebat (BPH) ini, diharapkan mampu membantu pelajar dalam menguatkan motivasi mereka untuk berprestasi serta berkontribusi di masa kini dan masa depan. Program Pembinaan Beasiswa Pelajar Hebat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman Islam sebagai visi kehidupan kepada pelajar, membantu meringankan biaya pendidikan dan memotivasi untuk pelajar untuk berprestasi, menguatkan kompetensi pelajar baik dalam sisi akademis maupun non-akademis, mendorong pelajar untuk aktif berkontribusi dalam aktivitas sosial organisasi sebagai media mengasah kemampuan berkomunikasi dan pemecahan masalah, serta menguatkan kompetensi dan semangat berwirausaha dalam diri pelajar. Adapun sasaran dan jumlah kuota yang tersedia untuk Beasiswa Pelajar Hebat adalah 10 pelajar putra-putri usia SMA kelas X (sepuluh) semester 2 di wilayah Kabupaten Bantul dan berdomisili di wilayah Kabupaten Bantul.

Gambar 4. Materi dari Bapak Firman Alamsyah, Ph.D dalam Launching dan Penyerahan Beasiswa Pelajar Hebat YBRB Periode kedua

Program Beasiswa Pelajar Hebat ini telah berlangsung selama 1 periode pada tahun 2015-2016 dan 2016-2017, sehingga pada semester ganjil tahun 2017 ini dilakukan penerimaan dan seleksi Program Beasiswa Pelajar Hebat periode kedua. Launching dan penyerahan Beasiswa Pelajar Hebat Bantul periode kedua ini berlangsung pada hari Ahad, 6 Agustus 2017. Acara ini berlangsung di Bantul Terrace dengan dipimpin langsung oleh Direktur Yayasan Bina Remaja Bantul (YBRB) Bapak Jauhari Chusbiantoro, M.A, dan penyampaian materi serta motivasi oleh Bapak Firman Alamsyah, Ph.D dan Ibu Pihasniwati, M.A.,Psikolog selaku Pembina Yayasan Bina Remaja Bantul.

Gambar 5. Penyerahan Beasiswa secara simbolis oleh Bapak Firman Alamsyah, Ph.D selaku Pembina Yayasan Bina Remaja Bantul (YBRB)

Fasilitas program pembinaan beasiswa yang diberikan diantaranya adalah uang saku sebesar Rp1.000.000,00 per semester sebagai penunjang kegiatan pendidikan, pemantauan dan pendampingan secara rutin perkembangan akhlak dan hasil belajar, serta pembekalan diri melalui training motivasi, kepemimpinan, dan softskill. Pembinaan itu dilakukan sebagai komitmen YBRB dalam pengembangan aspek kecerdasan intelektual, spiritual dan emosional pada diri pelajar. Dalam acara tersebut turut diundang 10 pelajar hebat penerima beasiswa, orangtua/wali, dan bapak ibu guru perwakilan dari 5 sekolah yang siswanya berhasil lolos seleksi. Berikut ini adalah daftar nama-nama pelajar dan asal sekolah penerima Program Beasiswa Pelajar Hebat YBRB periode kedua:

1 Mutiara Eka Putri SMA N 1 Bantul
2 Ahmad Nur Rizki SMA N 1 Bantul
3 Aswin Zammaulana SMA N 1 Bantul
4 Sania Nur Habibah SMA N 1 Bantul
5 Badiatus Sholihah SMA N 2 Bantul
6 Lutfah Eta Aini SMA N 2 Bantul
7 Ayuk Wirdaningsih SMA N 1 Bambanglipuro
8 Sekar Ambar Hayu SMA N 3 Bantul
9 Rahmatika Maulida Pinakesti SMA N 3 Bantul
10 Namira Hani Utami SMA N 1 Sewon

Sejak didirikan hingga saat ini YBRB terus memacu diri untuk berkontribusi di masyarakat khususnya remaja dengan melakukan berbagai kegiatan serta dalam rangka melahirkan generasi muda yang cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif serta peduli terhadap kehidupan bangsa dan negara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *